5 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Android 2019

Posted on

Sering sekali para pengguna ponsel android melupakan hal yang penting seperti mencadangkan data mereka atau kebanyakan orang mengenal dengan kata backup.

Padahal mencadangkan data sangat penting sekali untuk menghindarkan kita dari resiko kehilangan file dan data-data penting kita. Pada umumnya penyebabnya juga bermacam-maca seperti saat ada pembaruan firmware atau bisa jadi pada saat kerusakan perangkat.

Oleh karena itu, inilah aplikasi backup terbaik di Android pada tahun 2019 yang akan sangat membantu kamu untuk mengembalikan data yang hilang.

1. Super Backup

Super Backup adalah aplikasi backup untuk ponsel Android yang bisa di gunakan untuk non-root bahkan root. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan data ponsel anda, termasuk pesan sms anda. Jika android kamu sudah di root, bahkan dapat menyimpan setingan ponsel dan aplikasi yang ada di ponsel kamu.

Aplikasi ini memiliki pilihan untuk menyimpan hasil backup ke kartu SD, penyimpanan internal, atau computer kamu. Fitur lain adalah pilihan pengiriman data melalui Gmail atau menyimpannya di Google Drive atau platform penyimpanan cloud lainnya.

Fitur utama dari aplikasi ini termasuk kemampuan untuk memilih folder tempat data kamu disimpan. Memiliki cadangan otomatis dan menampilkan waktu dan tanggal kapan cadangan terakhir di ponsel kamu.

Di ponsel baru, silahkan gunakan Super Backup untuk mengembalikan semua cadangan dari ponsel lama kamu ke yang baru. Cukup dengan download aplikasi dan gunakan pilihan Restore.

Ada 2 versi yaitu berbayar dan gratis. Untuk yang versi premium atau berbayar ($1,99) dapat menghilangkan semua iklan di aplikasi.

2. G Cloud

Hampir sama, G Cloud bukan aplikasi dari Google.

G Cloud adalah layanan yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk membuat cadangan di perangkat seluler. Ini sangat memungkinkan kamu untuk memilih jenis file yang ingin dicadangkan, dan kamu bisa menyimpan apa saja dari media file. Kamu bahkan dapat mencadangkan file video yang kebanyakan aplikasi lainnya tidak memiliki fitur ini.

G Cloud menyimpan pengaturan ponsel kamu seperti ringtone, wallpaper, dan lain-lain.

Ada 2 versi G Cloud. Versi gratis kamu akan mendapatkan 1GB ruang cadangan, tetepi kamu bisa mendapatkan 10GB jika menyelesaikan aktivitas sederhana atau mengundang teman anda. Sedangkan untuk versi berbayar (3,99) kamu akan mendapatkan ruang cadangan unlimited alias tidak terbatas.

3. Titanium Backup

Titanium Backup hanya berfungsi pada ponsel yang sudah root. Aplikasi ini memiliki fitur terlengkap dan pilihan terbanyak. Dukungan update dari developer membuat aplikasi ini bekerja sangat lancar.

Aplikasi ini memiliki kapasitas penyimpanan, cadangan, dan pemulihan tanpa batas, serta kemampuan menghapus bloatware. Fitur batch yang mudah digunakan untuk mengotomatiskan tugas di ponsel kamu. Ketika kamu menggunakan fitur Restore, ini akan membuat ponsel kamu kembali ke keadaan sebelumnya.

Titanium sangat bagus untuk pengguna yang sering berganti ROM pada ponsel mereka, sehingga kamu tidak perlu menginstall dan mengatur aplikasi berulang kali.

Versi Pro ($5,99) memiliki lebih banyak fitur seperti bacth restore dan sinkronisasi ke penyimpanan cloud.

4. Helium

Helium adalah aplikasi ringan dengan ukuran kurang dari 5MB. Bisa untuk ponsel root dan non-root. Namun jika ponsel tidak di root, masih memerlukan PC untuk menjalankannya.

Setelah membuka aplikasi, kamu akan ditanya apakah kamu ingin mengaktifkan dukungan untuk Google Drive. Ini tidak akan berguna jika kamu berencana untuk menyimpan data ke PC atau ke kartu SD.

Dengan Helium kamu dapat memindahkan kontak dari satu ponsel ke yang lain, meskipun tidak di satu jaringan yang sama dan juga dapat menyingkronkan data aplikasi.

Versi gratis dari aplikasi ini memiliki fitur yang luar biasa, tetapi jika kamu ingin mengupload backup atau menschedule backup cloud, kamu memerlukan versi berbayar. Upgrade ($4,99) juga menghapus iklan.

5. Backup Your Mobile

Backup Your Mobile dapat mencadangkan aplikasi anda, pengaturan system, SMS, MMS, dan log panggilan untuk pengguna android yang sudah di root. Untuk pengguna yang belum di root dapat mencadangkan aplikasi, kata sandi Wi-Fi, dan pengaturan system lainnya.

Jadwalkan cadangan untuk dijalankan secara otomatis, untuk menyimpan data ke penyimpanan local, atau mengunggah ke Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Aplikasi ini gratis dan tidak ada yang membayar.

Semua pengguna ponsel perlu mengingat betapa pentingnya membuat cadangan informasi yang tersimpan di ponsel kamu. Masih ada banyak aplikasi lain di luar sana yang mampu melakukan tugas serupa jika tidak ada yang menarik untuk kamu. Aplikasi cadangan atau backup apa yang anda gunakan untuk ponsel Android kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *