5 Tips Memilih HP Gaming Bagus 2019

Posted on

Bermain game di HP biasanya dilakukan kebanyakan remaja saat ini, terutama dengan banyaknya game online gratis yang menyenangkan untuk dimainkan. tetapi, Kamu membutuhkan ponsel yang berkualitas untuk bermain game dengan lancar.

Jika Kamu menggunakan ponsel yang tidak mendukung untuk bermain game, maka akan ada banyak risiko yang bisa diperoleh seperti lag dan HP panas. Memilih HP yang cocok untuk gaming tidak boleh sembarangan.

Nah, berikut adalah tips untuk memilih game HP yang tepat untuk Kamu.

Tips Memilih Ponsel Gaming yang Tepat, Bermain Menjadi Lebih Menyenangkan

Bermain game di HP telah dilakukan sejak lama, seperti game Snake di ponsel lama Nokia.

Seiring dengan perkembangan teknologi HP, game juga mengalami perkembangan dari segi kualitas sehingga mereka dapat bersaing dengan konsol. Bahkan, banyak game yang berasal dari konsol juga dikembangkan dalam versi mobile.

Kualitas game seluler sangat bervariasi. Mulai dari game ringan, hingga game berat yang memiliki grafis realistis. Untuk memainkan game seperti ini, Kamu memerlukan perangkat yang mendukung.

Sama seperti merakit PC, Kamu harus memperhatikan sejumlah perangkat keras untuk proses menjalankan game. Semakin berat permainan yang ingin Kamu mainkan, semakin banyak perangkat keras yang Kamu butuhkan harus semakin baik.

Berikut ini adalah tips memilih ponsel untuk bermain game dari kami, Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan game yang ingin dimainkan:

1. Prosesor Mempuni

Hal pertama yang harus Kamu pertimbangkan ketika memilih game mobile adalah prosesor. Perangkat keras ini yang akan memproses permainan mulai dari membuka game bahkan saat bermain.

Prosesor pada HP berbeda dari PC, karena dalam prosesor HP terdapat CPU dan GPU. Saat ini, prosesor terbaik yang dapat Kamu temukan di segmen ponsel cerdas Android adalah Qualcomm Snapdragon 855.

Dengan menggunakan prosesor yang kuat, game akan diproses lebih cepat. Ini memengaruhi efek grafis dan game saat Kamu bermain.

Prosesor yang Kami rekomendasikan adalah Qualcomm Snapdragon seri 8, Kirin series 9, atau Exynos series 9. Jenis prosesor ini umumnya digunakan dalam flagship HP.

Namun, Kamu juga dapat menemukan prosesor ini pada ponsel berkualitas murah seperti Pocophone.

Dengan menggunakan prosesor yang kuat seperti contoh di atas, pengalaman bermain Kamu menjadi lebih menyenangkan. Namun, jangan lupa kapasitas RAM.

Prosesor yang baik tanpa kapasitas RAM yang besar akan memengaruhi kualitas game. Kenapa begitu?

2. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat perangkat keras untuk menyimpan data sementara. Setiap aplikasi yang berjalan membutuhkan ‘ruang’ dalam RAM.

Serupa dengan game yang membutuhkan ruang dalam RAM, jika RAM penuh, game akan berjalan sangat lambat. Seringkali membuat gamemenjadi lag.

Jadi, penting bagi Kamu untuk memperhatikan jumlah RAM pada ponsel Kamu. Saat ini, HP dengan 2GB RAM terlalu kecil untuk digunakan dalam bermain game.

Ini karena sistem HP memerlukan sejumlah ruang dalam RAM untuk menjalankan OS dan berbagai fitur. Terkadang ada ponsel yang memiliki RAM 4GB, tetapi penuh dengan sistem.

Jadi, semakin banyak RAM yang Kamu gunakan, semakin banyak aplikasi atau game yang dapat Kamu mainkan. kami merekomendasikan untuk memilih ponsel dengan RAM 4GB untuk bermain game.

Jika Kamu mendapatkan RAM dengan kapasitas lebih besar akan lebih baik.

3. Layar yang sesuai

Berikutnya adalah layar yang pas di tangan dan rasio yang mendukung banyak game. Banyak ponsel saat ini menggunakan layar lebih dari 5 inci dengan rasio 18: 9.

Semakin besar layar ponsel, semakin baik pengalaman bermain Kamu. Namun, jangan biarkan Kamu memilih layar yang terlalu besar dan menyulitkan Kamu untuk memegang ponsel saat bermain.

kami sendiri merekomendasikan layar 5 hingga 5,5 inci untuk bermain game. Layar yang lebih kecil akan menyulitkan Kamu untuk melihat gambar detail, terutama jika digunakan untuk memainkan game battle royale.

Rasio layar juga memengaruhi pengalaman bermain, idealnya Kamu menggunakan layar 18: 9 yang umumnya didukung oleh banyak game.

Jika Kamu menggunakan rasio layar yang tidak umum, seperti 19: 9 pada Samsung S10, maka beberapa game akan terpotong di kiri dan kanan.

4. Fitur Pendinginan Yang Baik

Fitur pendingin jarang diperhatikan oleh orang-orang ketika memilih ponsel untuk bermain game. Bahkan, jika HP terlalu panas, itu akan mempengaruhi kinerja dan mempersingkat masa pakai perangkat.

Fitur pendinginan saat ini sering di temukan pada HP yang sudah canggih. Kamu dapat menemukan sejumlah ponsel dengan sistem pendingin cair, seperti Black Shark dan Asus ROG.

Jadi, pilih ponsel yang terkenal dalam hal suhu saat bermain game. Hindari HP yang sering dikeluhkan karena panas yang berlebihan.

5. Baterai Besar

Bermain game menggunakan HP sangat berbeda dari bermain di PC atau konsol. Kamu harus memperhatikan sisa baterai di ponsel saat bermain game.

Jangan terbiasa bermain saat mengisi baterai, ini akan membuat HP sangat panas dan berisiko. Jadi, Kamu harus menyesuaikan ponsel dengan baterai besar untuk bermain game.

Tren kapasitas baterai HP saat ini telah mencapai angka di atas 3000mAh. Namun, jumlah ini tidak cukup untuk bermain game dalam jangka panjang.

Setidaknya, pilih baterai di kisaran 4000mAh. Kamu dapat bermain game untuk waktu yang cukup lama, tanpa harus menghabiskan semua baterai pada HP Kamu.

Itu saja tips memilih ponsel yang cocok untuk bermain game, sehingga pengalaman bermain Kamu menjadi lebih menyenangkan tanpa diganggu.

Tulis pendapat Kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *