Bosan dengan Mobile Legends? 7 Game MOBA Android Terbaik

Multiplayer Online Battle Arena atau yang biasa disingkat sebagai MOBA merupakan genre game yang relatif baru untuk platform mobile. Genre yang satu ini tumbuh dengan pesat sebagai genre populer yang difavoritkan banyak pemain, berkat mekanisme gameplay yang simpel.

Singkatnya, MOBA mempertemukan dua regu yang harus bersaing untuk menumbangkan markas satu sama lain. Di Indonesia sendiri, Mobile Legends menjadi salah satu game MOBA yang paling banyak dimainkan. Akan tetapi, MOBA tidak hanya seputar Mobile Legends saja, karena masih ada beberapa yang lain yang tidak kalah seru. Berikut 7 di antaranya!

Arena Of Valor

Arena of Valor (AoV) merupakan salah satu game MOBA generasi terbaru yang kerap dibanding-bandingkan dengan Mobile Legends. Game ini datang dengan beragam hal menarik termasuk mode pertandingan lima lawan lima, tiga lawan tiga dan satu lawan satu.

Tidak hanya itu saja, game ini juga dibekali dengan lebih dari 20 hero, pertandingan 10 menit, co-op multiplayer dan masih banyak lagi. Ini diluncurkan bersama dengan peluncuran Razer Phone dan dengan pesat meraih popularitas secara global. Sama seperti game MOBA lain, sebagian hero dapat diperoleh melalui pembelian dalam aplikasi.

Heroes of Order and Chaos

Dikembangkan oleh Gameloft, Heroes of Order and Chaos yakni salah satu game MOBA terkini yang tidak hanya baik, tetapi juga solid. Game ini mempunyai koleksi dengan lebih dari 57 hero yang bisa dipilih dan dibawa bertempur ke atas arena.

Berbeda dengan game Gameloft lainnya, permainan ini tidak memiliki sistem daya , yang artinya pemain dapat bermain sesering dan selama yang mereka inginkan. Untuk fitur-fitur lain, game ini membawa mode laga lima lawan lima, tiga lawan tiga, hero yang dapat ditingkatkan dan terdapat  fitur untuk mengomentari pertandingan eSports.

Iron League

Berbeda dengan game-game yang sudah disebutkan sebelumnya, Iron League bukan game yang sudah dikenal secara luas. game ini menjadi salah satu yang paling baru, namun memiliki potensi untuk tumbuh menjadi game MOBA besar. Iron League agak ‘terbatas’ sebab pertandingan yang dilangsungkan hanya dapat mode tiga lawan tiga, dalam durasi maksimum selama 10 menit saja.

Di samping itu, game ini memiliki 30 hero atau karakter untuk dimainkan, mekanisme kontrol yang sederhana dan sebagian mode permainan lain. Ini layak untuk dicoba, meskipun secara garis besar tidak memiliki keunikan yang membuatnya berbeda.

Heroes Evolved

Tidak sepopuler Arena of Valor (AoV) memang, namun Heroes Evolved mempunyai penggemar dan pemain yang tidak bisa dikatakan sedikit. Game ini mempunyaisejumlah fitur unik dan pengalaman dasar yang cukup besar

Contohnya seperti kehadiran lebih dari 40 hero, sistem klan, opsi pertandingan dengan durasi singkat dan lain-lain. Heroes Evolved bahkan memiliki mode menarik bernama Chaotic Strike, di mana pemain tidak memiliki ‘nama’ untuk diaplikasikan dengan cooldown yang dipercepat. Hakekatnya,game  ini menawarkan pengalaman MOBA yang cukup berbeda dan wajib untuk dicoba.

Planet Of Heroes

Planet Of Heroes adalah game MOBA baru yang sedang naik daun. Dari segi fitur, ini terbilang cukup komplit seperti tiga jenjang kesulitan untuk pertandingan melawan AI, elemen RPG, pertandingan tiga lawan tiga dan pertandingan  dengan durasi 7 menit.

Sebenarnya, game ini terlalu sederhana untuk sebuah game MOBA, tetapi game ini tetap memiliki banyak potensi untuk berkembang menjadi game MOBA yang lebih besar. Sedikit berbeda dengan game MOBA kebanyakan atau yang setidaknya ada di daftar ini, Planet Of Heroes memiliki  mode single-player campaign yang menarik.

Vainglory

Vainglory datang ke platform mobile pada tahun 2015 dan dengan pesat berkembang menjadi salah satu game MOBA paling populer hingga sekarang. game dilengkapi dengan lebih dari 25 hero dan alternatif untuk mengatur durasi pertandingan termasuk 7 menit untuk pertandingan cepat dan 25 menit untuk pertandingan yang lebih lama.

Dalam segi mekanisme, Vainglory menawarkan gameplay di 60fps dan tingkat respon kontrol di angka 30ms, yang dengan baik  melayani para gamer hardcore. Selain itu, karena popularitasnya, proses matchmaking pada game ini juga menjadi lebih pesat|.

Paladins Strike

Yang terakhir adalah Paladins Strike, yang notabene merupakan Paladins versi mobile. Ini dibekali dengan berbagai macam fitur dasar seperti pertandingan lima lawan lima, 15 hero yang bisa dipilih, beberapa mode permainan lain dan masih banyak lagi.

Unsur MOBA pada game ini bukan menjadi yang paling diandalkan, sebab terdapat mode lain seperti mengawal muatan melewati para musuh, yang jadi salah satu nilai jual utamanya. Untuk alasan tertentu, ini merupakan game MOBA yang cukup baik dan dapat dijadikan jalan tengah bagi mereka yang suka MOBA tetapi menginginkan sesuatu yang lebih ‘fresh’.

Demikian tadi sedikit ulasan sekaligus rekomendasi game MOBA terbaik yang tidak kalah seru dari Mobile Legends. Bagaimana, berminat untuk mencicipi beberapa game MOBA di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *