Ini Dia Jejaring Sosial yang Ditutup Paksa Akibat Mendahului BBM, Sudah Tahu?

Posted on

Apa iya hanya karena mendahului BBM, beberapa aplikasi jejaring sosial berikut ini ditutup paksa? Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai hal tersebut, melalui artikel ini akan kami rangkumkan beberapa ulasannya untuk Anda. Jadi, simak ulasannya sampai selesai, ya!

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa kabar segera ditutupnya aplikasi mengobrol BlackBerry Messengar, atau yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan BBM ini tentu saja menjadi salah satu kabar yang cukup mengejutkan sekali. Alasannya, aplikasi tersebut sempat begitu populer sekali, bahkan aplikasi BBM ini juga sudah memberikan banyak sekali kenangan yang indah bagi penggunanya.

Tetapi sebetulnya, sebelum aplikasi BBM ada beberapa jenis aplikasi jejaring sosial lain yang lebih dulu berhenti beroperasi. Padahal aplikasi tersebut menjadi salah satu aplikasi yang paling populer dan punya banyak pengguna di seluruh dunia. Kira – kira apa saja sih aplikasi yang ditutup paksa tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

Ini Dia Jejaring Sosial yang Ditutup Paksa Akibat Mendahului BBM

Friendster

Sebelum aplikasi jejaring sosial seperti Friendster ini dibuat, ternyata ada jejaring sosial yang bisa dibilang cikal bakal lahirnya berbagai macam media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Dibuat dan berdiri di tahun 2002 silam, aplikasi Friendster ini juga pernah berjaya dan bahkan menjadi salah satu jejaring sosial yang paling digandrungi oleh para remaja di masanya. Bisa dibilang, Friendster tersebut menjadi aplikasi yang paling banyak pengguna aktifnya.

Akan tetapi pastinya tidak ada yang pernah menyangka sebelumnya, beberapa tahun setelah diluncurkannya aplikasi Facebook, banyak sekali pengguna aplikasi Friendster ini yang mulai beralih ke Facebook. Alasannya, aplikasi Facebook ini dinilai memiliki tampilan yang jauh lebih interaktif dan bahkan lebih maju secara teknologi. Hingga akhirnya aplikasi Friendster resmi tidak lagi beroperasi sejak bulan Mei tahun 2009.

AOL Instant Messenger

Pernah kenal dengan aplikasi satu ini, belum? Mungkin saja sebagian dari Anda ada yang masih asing mendengar nama aplikasi jejaring sosial tersebut. Akan tetapi yang pasti aplikasi ini dulu sempat digunakan oleh banyak orang.

Jauh sebelum munculnya Gmail, ada jejaring sosial yang biasanya digunakan untuk mengirim pesan elektronik terbaik di masanya, yakni AOL Instant Messenger atau yang biasanya disingkat dengan AIM. Pada dasarnya ini adalah salah satu aplikasi yang cukup terkenal sekali, bahkan bisa dibilang sebagai pesaing berat aplikasi Yahoo! kala itu. Kemunduran aplikasi AIM tersebut bermula sejak munculnya aplikasi Friendster dan beberapa perusahaan raksasa lain seperti Facebook dan juga Gmail. Hingga akhirnya AOL Instant Messenger sama sekali tidak beroperasi lagi dan resmi ditutup di bulan Desember tahun 2017.

Yahoo Messenger

Anak 80an dan 90an pastinya sudah kenal banget kan, dengan aplikasi jejaring sosial satu ini? Dibuat di tahun 80an, aplikasi Yahoo Messenger tersebut bisa dibilang merupakan sejenis aplikasi mengobrol terbaik yang kali pertamanya dibuat oleh para vendor. Bahkan Yahoo Messenger ini juga sempat populer di masanya.

Tapi sangat disayangkan sekali, hal – hal indah bersama aplikasi Yahoo Messenger saat ini hanya tinggal kenangan saja. Sebab, aplikasi Yahoo Messenger tersebut benar – benar sudah tidak lagi beroperasi sejak bulan Juli tahun 2018 lalu.

MySpace

Sebelum YouTube dikenalkan, ternyata aplikasi MySpace ini menjadi salah satu aplikasi jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh para musisi untuk mempromosikan berbagai karyanya. Tetapi sangat disayangkan sekali, aplikasi MySpace tersebut alami kemunduran sejak kehadiran aplikasi YouTube.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa, sebetulnya aplikasi MySpace ini sempat diakuisisi oleh Justin Timberlake dan dilakukan beberapa pengembangan untuk menjadikan aplikasi tersebut lebih menarik lagi untuk digunakan. Akan tetapi ternyata hal tersebut rasanya sia – sia belaka, dan aplikasi MySpace ini dengan terpaksa ditutup sejak tahun 2015 lalu.

Path

Lalu untuk aplikasi yang terakhir ini adalah Path yang juga menjadi salah satu aplikasi jejaring sosial yang ditutup paksa. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas, Path juga sempat menjadi aplikasi jejaring sosial yang sangat populer sekali di tahun 2010. Tapi sayangnya, umur aplikasi tersebut tidak panjang, sebab pihak Path terpaksa harus menutup aplikasi ini di tahun 2018 kemarin. Itu artinya aplikasi umur aplikasi tersebut hanya mencapai 8 tahunan saja.

Meskipun ditutup paksa, ternyata pihak Path sendiri tidak menjelaskan secara gamblang latar belakang ditutupnya aplikasi tersebut. Meskipun rasanya sangat disayangkan sekali jika harus ditutup paksa, akan tetapi pada kenyataannya jejaring sosial menjadi platform yang alami perkembangan paling signifikan dan persaingan yang paling ketat. Jadi, apabila tertinggal selangkah saja, maka pengguna bisa saja berpindah ke platform pesaing.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang jejaring sosial yang ditutup paksa akibat mendahului BBM. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *