Perbedaan HDD vs SSD Mana yang Lebih Bagus

Posted on

Media penyimpanan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Jika Kamu ingat, 15 tahun yang lalu kalian masih menggunakan media penyimpanan disket dengan kapasitas 1,44MB.

Komputer dan laptop merupakan contoh gadget yang menggunakan media penyimpanan berkapasitas besar. Tidak hanya besar, tetapi memiliki kecepatan tinggi dalam mengirim data.

Saat ini ada 2 jenis media penyimpanan yang dapat Kamu gunakan pada laptop atau  PC, yaitu HDD dan SSD. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir sama.

Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini kami akan menyampaikan perbedaan antar keduanya dibawah ini:

Perbandingan SSD vs HDD, Media Penyimpanan Yang Mana Yang Lebih Baik?

Sebelum membandingkan HDD dan SSD untuk mencari tahu mana yang lebih baik, mungkin ada beberapa dari Kamu yang tidak mengerti tentang ini.

HDD atau Hard Disk Drive merupakan jenis media penyimpanan yang paling umum digunakan oleh PC dan laptop.

Hard Disk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Meski besar, namun harganya masih lebih murah jika dibandingkan dengan SSD.

Ini karena HDD masih menggunakan pelat logam dengan lapisan magnetik sebagai tempat menyimpan data. Sederhananya, HDD masih menggunakan teknologi jadul.

Sebaliknya, SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan data dengan teknologi lebih modern daripada Hard Disk Drive atau HDD.

SSD tidak lagi menggunakan pelat logam di dalamnya, tetapi telah menggunakan chip flash yang lebih aman dari getaran dan tidak mudah rusak.

Karena SSD tidak menggunakan disk logam bergerak seperti HDD, ukuran SSD juga menjadi lebih kecil, dan bahkan dalam beberapa kasus dapat dicolokkan langsung ke motherboard.

Keuntungan dan kerugian menggunakan HDD

Meskipun Hard Disk Drive adalah teknologi lama, ada banyak keuntungan yang masih bisa dirasakan oleh penggunanya.

HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan SSD. Dengan menggunakan HDD, Kamu dapat menyimpan banyak data di laptop dan PC Kamu tanpa khawatir kepenuhan.

Kapasitas Hard Disk Drive saat ini bahkan dapat mencapai 14 TB. Bisa kamu bayangkan berapa banyak memori yang akan Kamu gunakan untuk menyimpan semuanya?

Selain kapasitas besar, harga HDD juga cukup terjangkau. Jika Kamu merakit PC gaming dengan anggaran minimum, Kamu dapat membeli HDD untuk media penyimpanan yang murah.

Di sisi lain, HDD memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang  utama adalah HDD bekerja jauh lebih lambat daripada SSD. HDD terasa sangat lambat saat Kamu mem-boot PC Kamu.

HDD juga sangat rentan terhadap kerusakan. Karena masih menggunakan pelat logam, HDD tidak dapat bergetar banyak karena disk dapat digeser dan rusak.

Kerugian selanjutnya adalah ukurannya yang cukup besar. HDD memakan banyak ruang di dalam CPU dan membutuhkan banyak kabel sehingga akan mengurangi estetika PC dan keindahan PC.

HDD juga membutuhkan lebih banyak listrik daripada HDD. Kamu harus menyediakan Unit Catu Daya watt besar (PSU).

Keuntungan dan kerugian menggunakan SSD

Jika saat ini Kamu sedang merakit permainan PC dan mencari komponen terbaik untuk membuat PC Kamu lebih cepat, Kamu harus mencoba menggunakan SSD.

Ketika Kamu menggunakan SSD sebagai drive boot Windows 10, Kamu bisa menunggu sekitar 10 detik untuk PC Kamu menyala. Bandingkan ini dengan boot menggunakan HDD yang bisa memakan waktu hingga 2 menit.

Selain cepat digunakan sebagai boot drive, Kamu juga akan merasa program yang diinstal pada SSD akan berjalan lebih cepat. Coba saja instal perangkat lunak pengeditan video pada SSD.

Keuntungan selanjutnya dari SSD adalah tidak mudah rusak. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak seperti disk logam pada HDD sehingga aman dari kontak fisik yang ekstrem seperti jatuh.

Keuntungan terakhir dari SSD adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak membutuhkan banyak ruang. Ukurannya yang kecil juga membuat SSD lebih hemat daya.

Kerugian SSD adalah harganya cukup mahal. SSD juga disebut teknologi modern yang canggih. Tentunya dihargai lebih mahal dari pada teknologi lama.

Selain itu, SSD memiliki kapasitas maksimum tidak sebesar HDD. Kamu harus berpikir dua kali untuk menyimpan data besar pada SSD.

Kesimpulan

SSD dan HDD memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Itu semua tergantung selera Kamu. Namun, kami merekomendasikan menggunakan SSD jika Kamu memiliki anggaran PC yang besar.

Jika anggaran Kamu standar, Kamu dapat menggabungkan keduanya. Gunakan SSD sebagai boot drive untuk sistem operasi Kamu sehingga komputer Kamu lebih cepat. Tidak perlu untuk kapasitas besar.

Kamu dapat menggunakan HDD untuk menyimpan data seperti program atau game yang Kamu inginkan. Ini agar desktop Kamu memiliki kinerja yang seimbang dan memuaskan.

Demikian artikel kami mengenai perbandingan antara HDD dan SSD. Semoga artikel ini bisa memberi Kamu pengetahuan baru di dunia computer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *