Inilah Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop Jangan Sampai Salah

Posted on

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi, perangkat komputer jinjing saat ini dibagi menjadi beberapa jenis dengan nama yang berbeda seperti laptop, notebook, dan netbook.

Meskipun memiliki bentuk yang sama persis, ketiga perangkat tersebut ternyata berbeda.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah dan menganggap bahwa istilah notebook, netbook, dan laptop merupakan jenis yang sama.

Nah, agar kamu tidak salah dalam mengartikan, pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan dari netbook, notebook dan laptop.

Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop

Jika kamu mempelajari dengan seksama, sebenarnya ada beberapa aspek mendasar yang membedakan antara perangkat netbook, notebook, dan laptop.

Namun, kembali lagi karena ketiganya memiliki bentuk dan penampilan yang mirip, akhirnya banyak yang salah meyebutkan istilah ketiga jenis computer jinjing ini.

Jika bingung kamu bisa membaca artikel lengkap tentang perbedaan ketiga nya dibawah ini.

1. Perbedaan Ukuran Layar

Kamu harus tahu, bahwa ternyata hal yang paling mendasar dan mudah untuk membedakan ketiga perangkat tersebut adalah dari ukuran layarnya.

Netbook sendiri adalah perangkat komputer portabel yang memiliki ukuran tubuh terkecil jika dibandingkan dengan dua jenis yang lain.

Perangkat Netbook biasanya dilengkapi dengan layar minimalis berukuran sekitar 6 hingga 13 inci.

Sementara itu, perangkat notebook itu sendiri memiliki ukuran layar yang lebih besar dari netbook yang berkisar antara 13 hingga 18 inci.

Selain itu, ada perangkat laptop yang tentunya memiliki ukuran layar lebih besar yaitu lebih dari 17 inci dan biasanya lebih tebal.

Ukuran layar yang besar membuat banyak orang lebih suka laptop untuk mendukung pekerjaan mereka.

Apalagi saat ini laptop juga hadir dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti laptop gaming, atau laptop desain grafis.

2. Perbedaan Spesifikasi

Aspek selanjutnya yang dapat menjadi perbedaan antara netbook, notebook dan laptop adalah dalam hal spesifikasi.

Di antara tiga perangkat komputer portabel, netbook adalah perangkat yang memiliki spesifikasi terendah.

Selain itu, perangkat netbook juga biasanya menggunakan prosesor kelas menengah ke bawah yang memiliki kinerja yang tidak terlalu tinggi.

Di sektor RAM juga perangkat netbook biasanya dilengkapi dengan kapasitas tidak lebih dari 2GB dan kartu grafis yang tidak cukup baik.

Perbedaan lainnya adalah tidak adanya DVD-ROM internal pada perangkat netbook sehingga Anda tidak dapat memasukkan CD / DVD ke dalam netbook.

Sementara untuk perangkat notebook sendiri biasanya memiliki spesifikasi kelas menengah yang tentunya lebih tinggi dari netbook.

Pada sebagian besar perangkat notebook biasanya sudah mengusung prosesor Dual Core ke Core i7 yang tentunya membuat kinerja notebook jauh lebih cepat daripada netbook.

Selain itu, notebook juga umumnya mengadopsi kartu grafis kelas menengah seperti Intel HD, AMD Radeon, atau NVidia GT 830.

Sementara perangkat laptop umumnya mengadopsi spesifikasi yang hampir sama dengan notebook atau bahkan lebih tinggi.

3. Perbedaan Berat

Hal berikutnya yang membedakan antara netbook, notebook dan laptop adalah dalam hal berat perangkat.

Jika dari segi ukuran layar ketiganya memiliki perbedaan masing-masing, maka itu juga akan memengaruhi bobotnya.

Selain memiliki ukuran tubuh terkecil, perangkat netbook umumnya juga memiliki bobot paling ringan di antara kedua saudara kandungnya.

Sedangkan untuk notebook itu sendiri memiliki bobot yang sedikit lebih berat dari netbook. Notebook umumnya memiliki berat sekitar 1,5 Kg hingga 2 Kg.

Berbeda dengan dua komputer portabel sebelumnya, laptop tentu memiliki bobot lebih berat sekitar 2 kg atau lebih.

Namun, di era yang canggih ini akan sulit jika bobot digunakan sebagai referensi untuk membedakan antara netbook, notebook dan laptop.

Ini karena saat ini banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba memproduksi komputer jinjing dengan bobot paling ringan dan paling tipis.

Nah, itulah perbedaan antara netbook, notebook dan laptop jika dilihat dari ukuran layar, spesifikasi, dan bobot perangkat.

Tetapi, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ketiga hal ini tidak dapat benar-benar digunakan sebagai referensi untuk membedakan ketiga perangkat tersebut.

Karena seperti yang kita ketahui, saat ini banyak komputer jinjing yang memiliki spesifikasi canggih walaupun ukuran layarnya kecil, dan ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *